Selasa, 08 September 2009

Apa Itu Blog ? Dan Bagaimana Cara Membuat Blog ??

"Apa Itu Blog ? Apa Keuntungan Membuat/Memiliki Blog ?? Lalu Bagaiamana Cara Membuat Blog ?" Untu Orang Yang Baru Mengenal Internet Pasti Pertanyaan Itu AKan Muncul Dan Disini Saya Akan Menjelaskan Sedikit Tentang Blog.


Bisa Dibilang Blog Hampir Sama Dengan Buku Harian,Dimana Setiap Orang Bisa Menuliskan Unek-Uneknya Dalam Sebuah Tulisan Dan Orang Tersebut Menginginkan Orang Lain Untuk Mengetahuinya. Jenis Blog Juga Bervariasi Ada Wordpress Juga Blogspot(Blogger) Dan Pada Kasus Ini Saya Hanya Akan MEngajarkan Bagaimana membuat Blog Pada Di Blogspot(Blogger). Hampir Kebanyakan Pengguna Blog membuat Blog Untuk Saling Tukar Informasi Seperti Bisnis Yang Mereka Jalani,Ilmu-Ilmu Yang Bermanfaat Seperti Ilmu tentang Komputer,Internet,dll Dan Ada Juga Yang Membuat Blog Untuk Mencurahkan Isi Hatinya.

"Lalu Apa Untungnya Membuat Blog ?". Hhmm .. Banyak Sekali Keuntungan Memiliki Sebuah Blog Diantaranya:
* Sang Pemilik/Pengguna Bisa Bertukar Informasi Dengan Pemilik Blog Lainnya (Itu Berarti Secara Tidak Langsung Si Pemilik Mendapat Teman Baru)
* sang Pemilik Bisa mempromosikan Apa Yang Mereka Jual Sperti Mereka JUal Sepatu,Baju,Atau Mungkin Bisnis Yang Sedang DiIkutinya
* Sebagai Sumber Penghasilan Tambahan Dari Internet Seperti Yang Sudah Saya Jelaskan Tentang Bagaimana Menghasilkan Uang Dari Program Yuwie,Program Get Friend Earn Money Dari Twitter, Dan Dari Program PPC
* Sebagai Pengganti Buku Diary Anda Untuk Curhat.
* Dll

"Terus Bagaimana Caranya Membuat Sebuah Blog ?". Sebenarnya Membuat Blog itu Tidak Sesulit Yang Anda Bayangkan,Karena mudah DiMengerti Oleh Siapapu (Anak SMP Aja Mungkin Udah Bisa). Oke Langsung AJa Buat Blognya,Unuk Membuat Blog Ada Beberapa Langka,Yaitu:
Langkah Pertama Adalah Anda Harus memiliki Account Google Kalo Anda Sudah memiliki Account Google Langsung Aja Ke Langkah 2,Dan Untuk Membuatnya Ikuti Petunjuk BErikut :
* Buka mail.google.com
* Klik Sign Up/CreAte My Account
* isi Data-Data Sesuai Dengan Data Diri Anda
- First Name: Isikan dengan nama depan Anda
- Last Name: Isikan dengan nama belakang Anda
- Desired Login Name: Isikan dengan nama email yang Anda mau. Misalkan saya mendaftar dengan nama keuangan.pribadi, maka akun email baru saya adalah keuangan.pribadi@gmail.com.Nama email harus unik, maka Anda harus memeriksa apakah nama email yang Anda inginkan sudah dipakai oleh orang lain atau belum. Jadi setelah Anda mengetikan nama email yang Anda inginkan, tekan tombol “check availibility!”. Jika ternyata Gmail menyatakan bahwa nama email Anda “unavailable”, berarti nama email ini sudah digunakan oleh orang lain. Anda harus mengganti ke nama email lain. Anda dapat meneruskan bila nama email Anda belum pernah digunakan oleh orang lain (available).
- Choose a password: Masukan password untuk login ke email Anda. Minimal 8 huruf atau angka.
- Re-enter password: Ulangi password Anda disini untuk mencegah kesalahan ketik.
- Remember Me on this computer: Merupakan layanan untuk login secara otomatis. Jangan dicentang apabila Anda sedang berada di warnet.
- Enable Web History: Merupakan layanan untuk login secara otomatis juga, namun fungsinya lebih ke hasil searching di Google. Jangan dicentang apabila Anda sedang berada di warnet.
- Security Question: Adalah pertanyaan yang akan ditanyakan oleh Gmail apabila Anda lupa password. Gunakan pertanyaan dengan jawaban yang Anda ingat. Misalnya apa binatang kesayangan saya
- Answer: Adalah jawaban dari pertanyaan security Anda. Anda harus menjawab dengan kata yang Anda masukan disini, barulah Gmail memberikan password Anda.
Secondary email: Alamat email Anda yang sedang aktif. Tidak harus diisi. Hanya digunakan pada bila Anda lupa password.
- Location: lokasi Anda (Indonesia)
Word verification: ketikan huruf pada gambar
- Term of service: Anda dapat membaca aturan penggunaan Gmail disini

* Setelah Itu Click "I Accept,CreAte My Acount". Selesai Account Plus Email Google Anda Sudah Jadi. Kalo Sudah Selesai Langsung Ke langkah Berikutnya Ya.


Langkah Kedua Adalah mendaftar/membuat Blog baru Pada Blogger.com Dan Langkah-Langkahnya Sebagai Berikut :
* Buka www.Blogger.com
* Kemudian Click "Ciptakan Blog Anda"
* Seperti Biasa Isi Data-Data Seperti :
- Isilah Alamat Email dengan alamat email anda (tentunya yang valid)
- Isikan kembali alamat email anda tadi pada form Ketik ulang alamat email
- Tuliskan password yang anda inginkan pada form Masukkan sebuah password
- Isikan kembali password anda tadi pada form Keyik ulang sandi (password)
- Isi Nama Tampilan dengan nama yang ingin anda tampilkan
- Tulis tulisan yang tertera pada form Verifikasi Kata. Beri tanda tik/cek pada kotak di pinggir tulisan Saya menerima Persyaratan dan Layanan.
- Klik gambar anak panah yang bertuliskan "LANJUTKAN"
- Tuliskan judul blog yang anda inginkan (nanti bisa di rubah lagi) pada form Judul Blog
- Tulis nama situs anda pada form Alamat Blog (URL)
- Tulislah tulisan verifikasi yang ditampilkan pada form Verifikasi kata, jika sudah selesai klik gambar panah yang bertuliskan "LANJUTKAN".
- Pilihlah gambar (template) yang anda inginkan (nanti bisa di rubah lagi), kemudian klik gambar anak panah yang bertuliskan "LANJUTKAN"
- Setelah keluar tulisan "Blog Anda telah di iptakan". Klik gambar panah bertuliskan "MULAI POSTING". Silahkan anda tuliskan semau anda, jika sudah selesai klik tombol "MEMPUBLISKAN POSTING".
* Selesai,Blog Baru Saja Anda Buat.

"Trus CAranya Nulis Konten/Isinya Gimana Dong ?" Sabar-Sabar,Untuk Menulis/Mengisi Artikel Tinggal Klik Dashbor Kemudian Klik Entri Baru,Dan Kalo Mau Edit Artikel Yang Sudah Ada Klik Aja Edit Entri Kemudian Pilih Artikel Yang Mau Di Edit.

Selesai,Buku Harian Atau Blog Pribadi Anda Sudah Selesai Dibuat Dan Sekarang Agar Blog Anda Menarik ANda Bisa Mendownload Template Untuk Blog Anda Disini Disitu Banyak Sekali Template Blog Gratisan Dengan Design Menarik Dan Pastinya Gratiss ...

Setelah memiliki Blog,Dari pada Blog Anda Kosong Lebih Baik Ikutkan/Daftarkan Blog Anda pada Program PPC( paid PEr Click). Untuk Mengetahui Cara Mendaftarkan Blog Anda Pada Program PPC Anda Bisa Membaca Artikel Saya Sebelumnya Yang Berjudul "Pengen Ikutan Adsense Tapi Gak DIterima,Ini Solusinya !!" langsung Aja Klik Link Disamping.

Terima Kasih
Regards

Tidak ada komentar: